• Metode Membuat halaman baru di Wikipedia

           Metode Membuat halaman baru di Wikipedia - Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan oleh kontributor pemula Wikipedia adalah, bagaimana cara membuat halaman atau artikel baru? Pertanyaan ini mungkin timbul karena tidak adanya suatu menu atau pranala (tautan) khusus untuk melakukan hal ini.

    Membuat halaman baru dapat dilakukan antara lain melalui tiga cara yaitu (1) pranala merah, (2) pencarian, dan (3) alamat URL. Gambar berikut memberikan ilustrasi mengenai tiga cara tersebut.


    Metode Membuat halaman baru di Wikipedia

    Pranala merah

             Pranala yang berwarna merah (dalam gambar di atas misalnya “bagan” atau “generasi”) menandakan bahwa halaman yang dituju belum tersedia. Jika diklik, pranala ini akan menampilkan halaman untuk pembuatan artikel baru. Cara ini merupakan cara termudah untuk membuat halaman baru.

    Pencarian

              Kotak pencarian yang selalu ada di bagian kiri setiap halaman juga dapat digunakan untuk membuat artikel baru. Jika suatu frasa yang dimasukkan ternyata belum ada artikelnya, akan muncul halaman “Hasil pencarian” seperti pada gambar berikut.



                Dua pranala merah yang muncul pada halaman ini jika diklik akan menampilkan halaman untuk pembuatan artikel baru.

    Alamat URL

               Cara ketiga untuk membuat artikel baru adalah dengan langsung mengetikkan nama artikel/halaman pada kotak entri URL setelah “http://id.wikipedia.org/wiki/”. Gambar berikut memberikan ilustrasinya.



               Pada contoh di atas, kata “Bagan” langsung diketikkan pada kotak entri URL penjelajah web dan akan memunculkan halaman seperti dalam gambar di atas. Klik pranala “Buat halaman …” juga akan menampilkan halaman untuk pembuatan artikel baru. Semoga bermanfaat.

    Website sementara masih dalam kondisi perbaikan, untuk sementara website utama beralih ke Jumbo Cell
    Previous
    Next Post »

    Tata Cara Berkomentar :
    1. Berkomentarlah dengan sopan santun.
    2. Jangan mengunakan link hidup ( Otomatis Spam ).
    3. Usahakanlah untuk berkomentar.
    Thanks You for visit.
    Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

    Terima kasih sudah berkomentar